Deskripsi Mineral Logam : Emas (Au)


Tempat ditemukan : Sulida, Sumatra Barat

Sistem Kristal : Isometrik

Warna : Kuning – Emas

Goresan : Kuning

Kilap : Metalik

Belahan dan pecahan : Tak – ada ; hakli ( pecahan bergerigi dengan
ujung yang tajam ).

Kekerasan : 2,5 – 3

Berat jenis : 19,3

Genesis : kebanyakan emas terdapat dalam urat-urat kuarsa yang terbentuk melalui proses hidrotermal; dan sering bersama-sama pirit dan mineral-mineral sulfida yang lain, telurid perak-emas, skhelit dan turmalin. Bila urat-urat mengandung emas melapuk, maka emas-emas akan terpisah dan kemudian mengendap sebagai deposit eluvial, atau terangkut oleh aliran air dan mengendap di suatu tempat sebagai deposit letakan (placer deposit), bersama pasir, dan atau kerikil-kerakal.

Manfaat : sumber logam emas; dipakai untuk membuat perhiasan, instrumen-instrumen saintifik, lempengan elektrode, pelapis gigi dan emas lantakan.

Metode Penambangan : metode penambangan yang umum diterapkan adalah tambang bawah tanah (underground ) dengan metode Gophering, yaitu suatu cara penambangan yang tidak sistematis, tidak perlu mengadakan persiapan-persiapan penambangan ( development works ) dan arah penggalian hanya mengikuti arah larinya cebakan bijih.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mineral Logam dengan judul Deskripsi Mineral Logam : Emas (Au). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kuliahtambang.blogspot.com/2013/02/deskripsi-mineral-logam-emas-au.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Minggu, 03 Februari 2013

Belum ada komentar untuk "Deskripsi Mineral Logam : Emas (Au)"

Posting Komentar